Jumat, 16 September 2011

Sejarah peseteruan Liverpool vs Manchester United

Liverpool vs MU atau lebih dikenal dengan North West Derby, Perseturuan kedua tim bukan berawal dari sepakbola, melainkan urusan bisnis. Dahulu Liverpool terkenal dengan salah satu kota pelabuhan sedangkan kota Manchester merupakan salah satu pusat manufaktur di Inggris. Di awal 1900an, Liverpool menaikkan harga pajak muatan kapal sehingga biaya manufaktur di Manchester naik. Sejak saat itu, Manchester mengeluarkan kebijakan untuk membuat kanal (sungai buatan) yang menghubungkan laut utara dengan Manchester, Karena kanal Manchester tersebut, kapal2 tidak perlu lagi singgah di Liverpool. Otomatis perekonomian di Liverpool langsung ambruk. Perseturuan kedua tim memang diawali dari kepentingan bisnis dua kota tempat tim tersebut berasal.

Pertemuan pertama LFC dengan MU itu terjadi pada tanggal 12 Oktober 1895. Bermain di anfield, LFC memenangi laga tersebut dengan skor 7 - 1 Namun pada pertemuan kedua di Bank Street (belum OT), Liverpool harus kalah dengan skor 2 - 5 oleh MU. Sejak awal pertemuan, statistik kemenangan 'masih' di pegang MU dengan 71, Liverpool 61, draw 50.. Pertama kali Liverpool menang atas MU di laga away terjadi pada 19 Februari 1910 saat pertama kali memakai stadion Old Trafford Liverpool menang 4 - 3 dengan terciptanya 2 gol oleh Arthur Goddard dan James Stewart Maaf kelewat, pencetak gol pertama Liverpool ke gawang MU adalah Thomas Bradshaw saat menghancurkan Newton Health(sekarang MU) 7 - 1 Kekalahan pertama Liverpool di anfield terjadi pada 1 April 1907 dengan skor 0 - 1 di laga First Division. Pencetak hattrick pertama ke gawang MU adalah Fred Howe di Old Trafford tahun 1936. Skor akhir 5 - 2 untuk Liverpool. Liverpool telah mengoleksi 18 title liga, 7 FA cup, 7 League Cup, 15 CS, 5 UCL, 3 UEFA cup, 3 European Super Cup. Total 58 trofi..Untuk MU? Total 59 trofi mereka koleksi. Yah, Liverpool kalah 1 trofi dari mereka untuk kembali merebut predikat King of England.

Ada beberapa pemain yang pernah pindah dari Liverpool ke MU atau sebaliknya. Kita bahas satu persatu ya Diawali oleh Tom Chorlton yg merupakan pionir eksodus dari Liverpool ke MU pada Agustus 1912. Tom menghabiskan 8 tahun di LFC sebelum pindah Lahir tahun 1882, tom hanya bermain 117 kali selama 8 tahun karirnya di Anfield dan mencetak 8 gol. Yang berikutnya adalah Jackie Sheldon yang pindah dari Manchester United ke Liverpool pada November 1913. Sheldon merupakan salah satu elemen penting untuk Liverpool di masanya. Beroprasi menjadi winger, Sheldon mencetak 20 gol dalam 147 match Yang berikutnya ada Tom Miller yang pindah dari LFC ke MU pada september 1920.

Tom bermain selama 8 tahun di anfield sebelum PD pertama. Dalam 146 penampilannya, Tom berhasil menjaringkan 59 gol as a winger. Berikutnya kita skip biar tidak kepanjangan. Ada Fred Hopkin (MU » LFC in May 1921), Tommy Reid (LFC » MU in Feb 1929), Ted Savage (LFC » MU in Jan 1938), Allenby Chilton (LFC » MU in Nov 1938), Thomas McNulty (MU » LFC in Feb 1954) Dan yang terakhir Phil Chisnall (MU » LFC in April 1964). Setelah itu tidak ada lagi pemain yang pindah secara langsung dari kedua tim. Berikutnya, ada beberapa hooliganisme yang terjadi. Dan entah kenapa, malah supporter LFC sendiri yang melakukan? Pada final FA Cup 1996, Eric Cantona sempat diludahi dan Ferguson sempat terkena pukuluan oleh pendukung LFC sesaat sebelum penyerahan piala Pada 2006, ambulance yang membawa Alan Smith yang patah kaki dalam pertandingan vs LFC, sempat diserang oleh supporter LFC.
itulah sedikit kisah perjalanan perseteruan kedua tim apapun latar belakang yang menjadikan perseteruan mereka mudah-mudahan dapat melahirkan perseteruan yang sehat dan selalu menjunjung tinggi fair play :)

Sumber : Thread Liverpool FC kaskus

Tidak ada komentar:

Posting Komentar