Rabu, 06 April 2011

PILIHLAH JALAN KEHIDUPANMU


Setiap orang berbeda dalam memandang hidup ini dan berbeda pula caranya dalam menempuh hidup ini. Ada orang yang santai-santai saja dalam menjalani hidupnya seolah-olah dia sudah tahu apa yang akan terjadi pada kehidupannya kelak, namun ada pula yang sungguh-sungguh serta disiplin terhadap hidupnya dimana setiap aktifitas yang di lakukan selalu melihat ke dalam skala prioritas yang lebih penting terlebih dahulu dia kerjakan biasanya orang seperti inilah yang akan merasakan nikmat dalam keberhasilan hidup.
Dalam Al-qur’an Allah berfirman “sesungguhnya Allah tidak akan merubah nasib suatu kaum kecuali kaum itu sendiri yang mengubah nasibnya” (QS: Ar-Ra’ad ayat 11) jadi nasib kita, masa depan kita, sukses atau gagalnya kita, kitalah yang menetukan dan menciptakannya. Kita sendirilah yang mengukir apa yang akan kita raih dalam hidup ini. Lalu kalau begitu berada dimana takdir Allah? Takdir Allah ada di ujung usaha kita sebagai manusia, Dia akan memberikan yang terbaik sesuai dengan kadar usaha yang telah kita lakukan.
Namun terkadang hidup ini tidak sesuai dengan apa yang kita harapkan adakalanya kita akan gagal meskipun kita telah bersungguh-sungguh. Kadang kegagalan itu membuat kita sedih, kecewa, layu, tidak bersemangat, dan berburuk sangka kepada Allah. Seharusnya kita sadar bahwa sebuah kegagalan tidak membuat kita layu dan tidak bersemangat lagi untuk menjalani hidup ini karena kegagalan ada sebuah tanda kita sedang berikhtiar ke arah yang lebih baik dalam hidup kita. Kegagalan adalah cobaan atau ujian dari Allah yang indah pada waktunya, mungkin Allah tidak memberikan apa yang kita harapkan tetapi Dia pasti memberikan yang terbaik untuk kita. Dan harus kita ingat bahwa di dalam kehidupan itu ada kalanya dimana kehidupan itu bukanlah apa yang kita inginkan tetapi apa yang kita punya. Sebaik-baiknya seorang manusia adalah yang selalu mensyukuri apa yang telah dia miliki dalam kehidupannya.
Sesulit apapun perjuangan kita, kita harus tetap berada pada tujuan hidup yang jelas, di jalan yang telah diridhai oleh Allah. Thomas Carlyle pernah berkata “seseorang dengan tujuan yang jelas akan membuat kemajuan walaupun melewati jalan yang sulit. Seseorang yang tanpa tujuan, tidak akan membuat kemajuan walaupun dia berada di jalan yang mulus”. Dengan tetap pada tujuan hidup yang jelas kita akan terus belajar pada setiap mozaik kehidupan kita, hingga pada akhirnya kita menemukan kebahagian di dalam jalan yang telah kita tempuh dalam kehidupan ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar